Hanya Penyesalan Yang Dirasakan Oleh Guru Ini Kepada Muridnya




Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, kita pasti akan mengalami banyak peristiwa. Segala peristiwa yang kita alami pasti akan membawa hikmah tersendiri bagi diri kita. Tapi disuatu waktu mungkin kita akan dikecewakan atau dibuat marah oleh kelakuan seseorang kepada kita. Sebelum anda marah kepada mereka, sebelum anda merasa benci kepada mereka, cobalah untuk mencari kebenarannya dulu, apa yang menyebabkan mereka berbuat seperti itu.

Allah berfirman dalam Alqur'an Surat Al Hujurat (49) Ayat ke 6, yang berbunyi :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

yang artinya :

"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu."

Dalam ayat tersebut, Allah mengajarkan kepada kita mendengar suatu berita atau mengalami suatu peristiwa yang tidak mengenakkan kita, kita disarankan untuk mencari kebenarannya terlebih dahulu dengan memeriksa secara teliti. Jangan sampai kita sudah terlanjur menghukum seseorang yang belum tentu salah, hingga akhirnya nanti kita dibuat menyesal oleh perlakuan kita sendiri.

Dalam video ini ada sebuah kisah yang menceritakan tentang rasa menyesal seorang guru yang telah menghukum muridnya karena setiap hari si murid ini selalu datang terlambat ke sekolah dan bajunya selalu tidak tertata rapi. Tapi sebuah hal yang ia temukan sungguh menyedihkan, tidak terasa air mata ini akan jatuh menetes jika kita tahu apa penyebab si murid ini selalu terlambat.

Berikut video lengkapnya :


Semoga kita semua selalu mendapat hidayah dari Allah SWT dan ditunjukkan bahwa yang benar itu benar dan yang salah itu salah.

Comments